Home   >   Editorial   >   Jangan Sembarangan Mencoba Tester Makeup, Ini Cara Amannya!

Jangan Sembarangan Mencoba Tester Makeup, Ini Cara Amannya!

nathania lavita | Senin, 27 Juli 2020

Mencoba itu penting bagi sebagian orang karena untuk memastikan kecocokan produk tersebut dengan kulit kita, namun terkadang kita tidak sadar jika asal mencoba produk tester di makeup store itu berbahaya loh. 

Tester makeup biasanya sudah cukup lama berada di toko dan kadang dibiarkan dalam keadaan terbuka. Hal itu dapat membuat produknya menjadi sarang kuman dan bakteri yang berbahaya bagi tubuh kita. Belum lagi, sudah berapa banyak orang yang menyentuh dan memakai tester itu sebelum Anda? Daripada harus menanggung resiko terinfeksi, lebih baik kita mengantisipasi dengan melakukan langkah yang benar dan aman ketika mencoba tester makeup. Yuk, cek caranya di bawah ini!


Jangan Langsung Dipakai

Biasanya produk yang paling sering dan banyak testernya adalah lipstick. Lipstik salah satu produk yang banyak digemari banyak wanita, jadi tak jarang jika ingin membeli lipstik harus mencoba aneka warna yang dijual. Nah,Ketika mencoba tester makeup, jangan mengaplikasikannya langsung pada kulit wajah kita . Jika ingin mencoba warna foundation, usapkanlah sedikit di area garis rahang atau leher. Sedangkan untuk produk mata dan bibir, sebaiknya juga tidak mengaplikasikannya langsung. Mata dan mulut bisa menjadi pintu masuk bagi banyak bakteri sehingga risiko terinfeksi lebih besar. Jika ingin melihat apakah warnanya cocok untuk kita, usapkanlah di atas ibu jari dan jajarkan di samping wajah kita.

Gunakan Aplikator Sekali Pakai

Masih banyak orang yang belum sadar untuk lebih berhati-hati dalam mencoba tester makeup. Misalnya, masih banyak orang yang menggunakan tester lipstik langsung ke bibirnya. Kebayang tidak, sudah berapa banyak bakteri yang berkumpul di lipstik tersebut? Jika ingin mencoba tester, bahkan  hanya akan mengoleskannya di tangan pun, gunakanlah aplikator sekali pakai seperti doe foot applicator, spoolie, spatula, atau bahkan cotton bud yang biasanya tersedia di counter-counter makeup dan Anda bisa memintanya kepada beauty advisor.

Bersihkan Produk Makeup Terlebih Dahulu

Sebelum mengeluarkan isi produk dari tester makeup, bersihkan terlebih dulu kemasannya menggunakan tisu basah. Bagian yang perlu dibersihkan adalah bagian dimana produk akan keluar, misalnya mulut botol, pump, atau ujung tube. Produk sisa yang biasanya menggumpal dan mengering di bagian-bagian tersebut juga biasa menjadi sarang bakteri. Oleh sebab itu, sediakanlah selalu tisu basah dalam tas atau minta kepada beauty advisor.

Jangan Membiarkan Terlalu Lama

Pasti kita sering banget Swatch lipstik ditangan ya. Meskipun hanya mengoleskan sedikit tester makeup di tangan , kita tetap perlu membersihkannya secepatnya. Semakin lama produk menempel dikulit kita, maka semakin besar juga risiko terkena infeksi dari bakteri yang ada pada produk tester makeup. Mintalah kapas atau tisu yang telah diberi makeup remover kepada beauty advisor. Setelah itu, bersihkan lagi kulit bekas swatch menggunakan hand sanitizer untuk memastikan kulit Anda benar-benar bersih dari bakteri.

Perhatikan Tanggal Kadaluarsa

Setiap toko biasanya memiliki kebijakan yang berbeda dalam mengganti produk testernya. Ada yang rutin mengganti dalam beberapa bulan, namun ada juga yang membiarkannya dalam waktu yang lama sampai habis. Girls kalian bisa menanyakan kepada beauty advisor apakah produk tester tersebut masih baru atau sudah lama dibuka. Namun jika kalian tidak yakin karena isinya sudah sedikit, sudah sangat kotor, atau bahkan tulisan di kemasannya sudah mulai pudar, sebaiknya berpikir dua kali sebelum tetap mencobanya.

Artikel Lainya:

Naavagreen Punya CC Cream? Yuk Cobain
Aulia Tri Sakti | Minggu, 28 Juni 2020
5 Produk Kosmetik Halal Lokal yang Wajib Kalian Coba!
Avella Dena Melati | Senin, 25 Mei 2020
Naavagreen Night Time Neck Cream Review
Grace Then | Minggu, 31 Mei 2020
Perawatan Wajah untuk Ibu Hamil? ke Naavagreen Aja
Niken Nawangsari | Sabtu, 16 Mei 2020
  Whatsapp